KHOTBAH JUM'AT

Selasa, 28 Februari 2012

NASEHAT BERHARGA AL BAKHLI


Nasehat Berharga Al Bakhli
(Ahmad Syafiul Anam , Lc )

       Hidup di dunia tidaklah seberapa lamanya, tetapi banyak manusia justeru menjadikan dunia adalah tujuan mereka sehingga banyak dari mereka yang akhirnya melupakan Allah sebagai Tuhan yang seharusnya disembah bahkan mereka secara sadar atau tak sadar telah menuhankan dunia itu sendiri. Rasulullah sendiri menggambarkan dunia bagaikan tempat untuk bersinggah bagi musafir, mereka harus mempersiapkan bekal yang cukup untuk kehidupan akhirat yang lebih abdi.
      Dalam kitab Nashoihul Ibad, imam Nawawi Al bantani mengutip nasehat-nasehat dari Syafiq Al Bakhli yang begitu sangat berharga, pantas bagi kita untuk merenungkan nasehat-nasehat tersebut yang keluar dari mulut seorang ulama yang dikenal sangat wara` dan zahid itu.
       Nasehat-nasehat tersebut adalah sebagai berikut:
1.Beribadahlah kepada Allah sebab kalian pasti membutuhkannya.
    Allah telah memberikan fitrah kepada manusia untuk beriman kepada Allah, bahkan sebelum manusia lahir ke dunia ini Allah telah mengambil janji seluruh keturunan Adam untuk meyakini bahwa hanya Allah lah satu-satunya Tuhan yang harus disembah semua makhluk jagad raya ini. Manusia hanyalah makhluk yang lemah dihadapan kemahaagungan-Nya, Allahlah yang mengatur putaran roda alam semesta ini, Dialah yang akan membalas kebaikan hamba-hamba-Nya yang beramal kebaikan dan menempatkan mereka ke surga kenikmatan yang abadi.
2. Ambillah harta duniawi sekedar cukup untuk memenuhi hidup kalian.
    Sebagaimana ketika orang makan Rasulullah menganjurkan kepada kita untuk mengatur perut kita dengan tidak memenuhi perut kita dengan makanan hingga tanpa batas, melainkan kita harus menyisihkan sepertiga perut kita untuk makan, sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk bernafas, maka begitu juga dengan urusan dunia kita diperintahkan Allah untuk  mengambil seperlunya saja sebagai penguat kita untuk beribadah kepadanya.
3. Berbuat maksiatlah kepada Allah jika kalian kuat menahan siksa-Nya
    Alangkah seharusnya malu seorang manusia yang telah dikaruniai kepadanya nikmat yang berlimpah di muka bumi ini tapi ia berani maksiat kepada Allah, apakah ia yang mereguk nikmatnya kemaksiatan sanggup menghadapi siksa neraka Allah kelak yang apinya menyala-nyala hingga menembus kulit.
4. Persiapkan bekal di dunia menurut ukulan lamanya kalian tinggal di alam kubur
    Kalau melihat umur manusia yang begitu singkat di dunia dan begitu panjang ia akan tinggal di alam kubur, tentu ia akan berusaha untuk menjadikan hidupnya penuh arti dan tak sia-sia belaka, ia akan semakin dekat dan takut kepada Allah karena ia merasa bahwa kebahagiaan hanya akan diberikan kepada orang-orang yang pasrah kepada-Nya.
5. Beramallah untuk meraih surga sesuai dengan tingkatan yang kalian inginkan
     Allah telah menjanjikan surga-surga yang indah kepada orang-orang yang dekat dan bertakwa kepada Allah. Semakin baik amalan yang kita perbuat maka akan semakin tinggi tingkatan surga yang akan kita dapatkan. Semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelak dengan mendapatkan surga keabadiaan.

      

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar