KHOTBAH JUM'AT

Selasa, 28 Februari 2012

MEMILIH PASANGAN HIDUP


HIKMAH
MEMILIH PASANGAN HIDUP
(Ahmad Syafiul Anam,Lc)
          Ketika seseorang akan membangun sebuah rumah tentulah terlebih dahulu ia harus membuat pondasi kokoh dan memilih bahan material yang berkualitas tinggi agar rumah yang dibangun kelak kuat, tidak mudah roboh serta tahan lama.
          Demikian pula ketika seorang akan membangun sebuah rumah tangga, maka hal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu yang dapat menjamin kelestarian bangunan rumah tangga. Diantara pondasi penting sebuah rumah tangga adalah bagaimana cara seseorang memilih pasangan hidupnya. Ketika seseorang memilih pasangan yang terbaik maka bahtera rumah tangga akan berjalan harmonis.
          Dalam hal ini, Rasulullah memberikan tuntunan sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah: “Wanita dinikahi karena empat hal: Karena hartanya, kehormatannya, kecantikannya dan agamanya; maka beruntunglah dengan menikahi wanita karena agamanya” (HR Bukhari & Muslim).
          Islam telah menjadikan pernikahan Sesuatu yang istimewa. Islam menginginkan pernikahan yang membawa kepada sakinah (ketenangan & tempat bersandar), mawaddah (cinta) dan rahmah (kasih sayang), Islam menghendaki pernikahan yang akan membawa kepada kebahagiaan dunia & akhirat. Islam menempatkan pernikahan sebagai sarana untuk menebar kemaslahatan baik kepada individu maupun masyarakat, pernikahan islami akan senantiasa melahirkan generasi-generasi rabbani.
          Semua tujuan ini tidak akan terwujud kecuali jika kita memilih seorang wanita salehah yang memahami Islam secara kaffah. Dengan menikahi wanita salehah maka hidup ini akan semakin bermakna dan dipenuhi kebahagiaan. Semoga Allah senantiasa merahmati dan menuntun kita kepada kebahagiaan abadi.

(Surakarta, 12 April 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar