KHOTBAH JUM'AT

Jumat, 11 Februari 2011

Bukti Mencintai Rasulullah SAW

Setiap orang pasti memiliki seseorang yang diidolakannya, lihatlah saat ini dimana-mana orang-orang bicara tentang tokoh yang diidolakan dan dipujanya. Biasanya seorang yang mencintai akan memuja setinggi langit, mengkultuskan dan membela mati-matian orang yang dicintainya.
Siapakah orang yang paling pantas untuk kita cintai?
Marilah kita baca firman Allah SWT:

"Katakanlah (Wahai Muhammad): Jika kalian mencintai Allah maka kutilah aku maka Allah akan mencintai kalian dan akan memberi ampun kalian"  (Ali Imran :31)

Dalam sebuah hadits Ralullah bersabda: "Tidaklah salah seorang kalian beriman sehingga aku menjadi orang yang paling dicintainya melebihi cintanya kepada orang tuanya, anaknya dan semua manusia" (HR Bukhari, Muslim, Ibnu  Majah, Ahmad, Darimi & Ibnu Hibban)

Sahabat adalah orang-orang yang memberi teladan kepada kita bagaimana kecintaan mereka yang luar biasa mereka kepada Rasulullah SAW. Tak ada kisah yang seindah selain saat Abu Bakar menyertai Rasulullah dalam perjalanan hijrah ke Madinah. Abu Bakar dengan kesabaran dan keberaniannya senantiasa berusaha melindungi Rasulullah dari segala kemungkinan bahaya yang akan mengancamnya. sejarah juga mencatat keberanian Ali bin Abi Thalib saat ia menggantikan tempat tidur Rasulullah saat beliau hijrah ke madinah.

Wahai kaum muslimin, meskipun Rasulullah seseorang yang sangat kita cintai tapi kecintaan tersebut haruslah sesuai dengan aturan dan pedoman syariat yang ada. dalam hal ini rasulullah mengingatkan kepada kita dalam sebuah haditsnya;
"Janganlah kalian memujiku berlebihan sebagaimana  orang-orang Nasrani mengkultuskan Isa bin Maryam, aku hanyalah seorang hamba Allah dan rasul-Nya"  (HR Bukhori, Ahmad, Darimi & Ibnu Hibban)

Marilah kita mencintai Rasulullah dan untuk membuktikan kecintaan kita kepada Rasulullah kita sebagai ummatnya berusaha mengikuti sunnah-sunnah dan ajarannya

Surakarta, 11 Pebruari 2011
(Ahmad Syafiul Anam, Lc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar